Untuk membuat bisnis, diperlukan beberapa step, agar bisnis tersebut mudah dijalankan sampai profitnya autopilot alias kontinyu.

Pertama, riset dan analisa

Bisnis yang dibuat asal-asalan, tanpa riset dan analisa, maka bisnis tersebut akan sulit sekali menuju sukses. Riset dan analisa tidak hanya mencari “kebutuhan dan keinginan” orang, melainkan juga harus tahu detail demografi, pekerjaan, umur dan sebagainya.

Tentu saja, melakukan hal pertama, membutuhkan waktu yang gak sebentar. Dan membutuhkan biaya juga lho, untuk mengetahui detail riset dan analisa yang super lengkap. Jika Anda orang yang suka riset dan analisa, tak masalah Anda melakukan sendiri.

Kedua, menentukan produk

Saya yakin, ide Anda sangat banyak ketika Anda ingin memiliki bisnis. Dan Anda pasti merasakan sendiri, apa dampak dari banyaknya ide dikepala Anda, apakah Anda akan mengerjakan semua? atau Anda memilih salah satunya, tetapi Anda takut bisnisnya nanti gagal, dan Anda juga takut, ide bisnis lain dijalankan oleh orang lain?

Jadi bingung kan? Kebingungan Anda ini lah yang menyebabkan ide hanyalah ide, yang tak pernah jadi nyata. Saya pun demikian, ketika ide bisnis makin banyak, malah tak ada satupun yang bisa saya lakukan. Namun, saya memiliki tips jitu, bagaimana cara menentukan bisnis dari ide-ide tersebut. Apa itu? Nanti kita diskusi via whatsapp ya?

Ketiga, Funneling dan ilmu pemasaran

Bagaimana dan dimana cara kita mempertemukan produk dengan customer? Apakah Anda bisa mempersiapkan nya? Tak hanya mempersiapkan di funneling mana kita memasarkan produk? Tetapi ada ilmu-ilmu pemasaran lain yang harus Anda pelajari? Seperti copywriting, soft selling, convert selling, story selling dan sebagainya.

Anda butuh ilmu tersebut, tetapi akhirnya bisnis Anda yang mau dibangun harus skip dulu. Karena Anda harus pusing dulu dengan banyak trik dan teknik pemasaran yang ada.

Keempat, Modal

Semua butuh modal saat berbisnis. Modal pikiran, tenaga, uang, place, dan sebagainya. Jika Anda mengerjakan sendiri, akan lebih bengkak modal yang Anda keluarkan (pikiran, tenaga, waktu dan uang).

Modal apapun itu sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda.